Senin, 22 Juli 2013

Panwaslu Kabupaten Sumbawa Upayakan Pilkada Bersih

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Meski tengah mengikuti rapat Bintek yang berkaitan dengan persiapan saat pemungutan suara di Bawaslu Provinsi bukan berarti Panwaslu Kabupaten Sumbawa tidak melakukan pengawsan terhadap calon pasangan Cagub dan Cawagub saat kampanye berlangsung. 

Pengawasan menurut anggota Panwaslu setempat, Yuyun Nurul Asmi, langsung dilakukan oleh tim dari Bawaslu Provinsi dengan melibatkan seluruh anggota Panwascam se-Kabupaten Sumbawa. “Kami terus melakukan pengawasan saat kampanye berlangsung,” ujarnya saat ditemui Gaung NTB, Senin, (6/5).

Dijelaskan Yuyun, Panwaslu akan bersikap proaktif terhadap semua pasangan calon dalam peroses pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur NTB periode 2013-2018 mendatang. Hal ini dubuktikan dengan adanya MOU lebih lanjut kepada Kepolisian dan Kejaksaan setempat guna mencegah terjadinya pelangaran yang mungkin saja dilakukan oleh semua psangan calon saat kampanye berlangsung. Untuk itu, Panwaslu perketat pengawasan terhadap pengguna mobil berpelat merah yang apabila ikut berkampanye. 

Terkait keterlibatan oknum PNS dalam politik peraktis, Panwaslu belum bisa membenarkan hal tersebut. Pasalnya sambung Yuyun, untuk membuktikannya butuh waktu. Tapi apabila terbukti akan diperoses lebih lanjut. “Panwaslu tidak pandang bulu. Siapapun yang melakukan pelanggaran akan ditindak tegas,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar