Senin, 22 Juli 2013

Sukseskan Pemilu, Panwaslu Gelar MoU dengan Gakumdu

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Panwaslu Kabupaten Sumbawa gelar penandatanganan MOU dengan Sentara Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) dan Dirangkaikan dengan Pengukuhan Panwascam Se-Kabupaten yang berlangsung di Hotel Dewi Sumbawa, Rabu (08/05). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sumbawa, Kapolres Sumbawa, Ketua Kejaksaan Negeri (Kajari) Sumbawa, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Sumbawa serta perwakilan Parpol peserta pemilu legislatif 2014.

Wakil Bupati Sumbawa, Drs H Arasy Muhkan pada kesempatan itu mengingatkan kepada seluruh stakeholder dan penyelenggara pemilu untuk bersikap independent sehingga melahirkan pemilu yang bersih, jujur dan aman. H An—sapaan akrab Wakil Bupati Sumbawa, juga mengingatkan agar penyelenggara pemilu khususnya Panawsaca tidak bermain-main dalam melaksanakan tugasnya. “Jangan sampai ada yang menerima suap,” katanya mengingatkan. 

Lebih lanjut dikatakan H An, kepada Panwascam yang baru saja dikukuhkan diharapkan agar melakukan pengawasan secara bersama-sama mulai dari pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB hingga Pemilu Legislatif tahun 2014 mendatang.

Terkait dengan Mou Panwaslu dengan Gakumdu, H An, menyatakan MOU yang telah ditandatangani diharapkan dapat memberikan hasil kongkrit.

Sementara itu Kapolres Sumbawa, AKBP Karsiman SIK MM, usai penandatangan MoU dengan Panwaslu menyatakan kesiapannya dalam melaksanakan tanggung jawab tersebut.
Karsiman berharap kepada Panwaslu untuk segera melaporkan kepada pihaknya apa ditemukan ada pelanggaran pemilu. “Segera laporkan kepada kami apabila di temukan pelanggaran pemilu agar dapat segera kami tindaklanjuti,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua Panwaslu Sumbawa, Mahyuddin, S.pd, dalam sambutannya mengatakan bahwa penandatangan MoU dengan Gakumdu tidak lain diharapkan agar agar terciptanya Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada tanggal 13 Mei 2013 mendatang dapat berlangsung dengan aman. 

Menurut Mahyuddin, telah diatur dalam UUD Nomor 15 tahun 2011, bahwa dalam pengawasan pemilu tidak hanya di emban oleh penyelenggara pemilu dalam hal ini Panwaslu, namun juga diperlukan keterlibatan seluruh setakholder seperti Kepolisian, Kejaksaan, Panwascam, serta peran aktif parpol juga dibutuhkan dan yang tidak kalah penting adalah peran serta seluruh lapisan masyarakat.

Menyinggug pelantikan Panwascam, Mahyuddin menyampaikan bahwa pengukuhan Panwascam se-Kabupaten Sumbawa ini dilakukan untuk persiapan menghadapi Pemilu legislatif tahun 2014 mendatang. “Kami berharap kepada Panwascam yang telah dikukuhkan dapat melaksanakan tugas dengan baik,” demikian Mahyuddin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar